Tentang : Berinteraksi dengan pembeli, Cara Berinteraksi dengan pembeli melalui telepon dan secara langsung, Sikap Yang Mempengaruhi Konsumen Apotek, Prinsip yang harus dipegang dalam perniagaan bisnis apotek
- tipe tipe calon pembeli
- motif motif pembelian
- kelas kelas pembeli
- sifat sifat pembeli
- penyesuaian dengan pembeli
Cara Berinteraksi dengan pembeli :
a. Pelayanan secara langsung :
- penampilan diri yang baik
- perkataan dan tindakan yang sesuai
- menggunakan panggilan hormat
- jujur dalam ucapan dan tindakan
- intonasi perkataan dan bahasa tubuh yang sesuai
- senyuman yang tulus dan kontak mata yang menunjukkan keramahan
b. Pelayanan telepon :
- segera menjawab panggilan
- pergunakan kata-kata yang sesuai
- mendengarkan dengan aktif
Sikap Yang Mempengaruhi Konsumen Apotek :
1. Efek menyebut nama
Menyebut nama dengan tulus dan ikhlas merupakan penghargaan terhadap konsumen, bila lebih tua dipanggil dengan tutur yang baik, baik juga dipanggil dengan gelar yang dia sukai.
2. Efek tersenyum
Sikap tersenyum menunjukkan keramahan dan kesiapan dalam melakukan komunikasi dalam pelayanan konsumen.
3. Efek simpati
Simpati merupakan suatu kesan dimana kita menunjukkan bahwa kita peduli kepada konsumen.
4. Efek kerendahan hati
kerendahan hati dimaksutkan untuk menunjukkan rasa menghargai terhadap konsumen.
Prinsip yang harus dipegang dalam perniagaan bisnis apotek :
- pembeli tidak trgantung kita tapi sebaliknya
- pembeli adalah orang yang terpenting didunia
- pembeli bukan pengganggu dalam pekerjaan kita
- jangan bertindak yang tidak menyenangkan terhadap konsumen
- pembeli bukan orang luar tapi bagian dari usaha kita
- pembeli punya emosi seperti kita
- pembeli bukan lawan untuk berdebat
- pembeli meminta dan pekerjaan kita untuk memenuhi kebutuhannya
- pembeli adalah jiwa penghidupan bagi usaha kita
- pembeli harus dilayani dan dimengerti sepenuhnya
- pembeli memungkinkan membuat keuntungan bagi pendapatan kita
Referensi : KIE FFUP
No comments:
Post a Comment